Pertemuan 4
PROSES KEBUTUHAN ANALISIS
Sebelum menentukan keputusan analisis ada beberapa hal yang dilakukan terlebih dahulu yaitu :
Mengambil keputusan Kinerja
Pengukuran aplikasi puncak dan kinerja perangkat dapat digunakan untuk menentukan seberapa besar penurunan kinerja yang dialami pada jaringan yang ada. Dimana hasil pengukuran ini menjadi validasi masalah kinerja pada jaringan yang ada.
Persyaratan Pelacakan dan Pengelolaan
Dalam Persyaratan Pelacakan dan Pengelolaan, daftar persyaratan harus selalu dimonitori setiap minggu, bulan hingga tahun, dan juga harus selalu diperbaharui/diupgrade. Ada dua bentuk Metode yang bisa digunakan dalam pelacakan dan pengelolaan persyaratan yaitu bentuk paragraf dan bentuk form table tetapi yang lebih umum di gunakan yaitu form table.
Developing Service Metrics
Ø service metrics untuk RMA (Reliability, Maintainability, Availability).
Ø Service metrics untuk capacity termasuk data rate.
service metrics untuk delay :
· End to end atau round trip delay (penundaan jaringan dari titik awal pengiriman hingga ke tujuan)
· Lotency, durasi waktu yang dibutuhkan dari titik awal pengiriman hingga ke tujuan
· Delay Variation, keterlambatan waktu transmisi.
Contoh variable Service Metrics :
· Bytes in/out
· IP Packet in/out
· Dropped Internet
Contoh perjanjian Service level agreement (SLA) :
· Capasitas Limit
· Burst Tolerance
· Delay
· Downtime.
Alat Pengukuran Jaringan
Terdapat 3 jenis pengukuran yang umum digunakan yaitu :
Ø Ping utilitas, mengukur penundaan bolak-balik antara titik awal dan tujuan dalam jaringan.
Ø Patchar, yang menggabungkan penundaan bolak-balik dan pengukuran kapasitas per tautan dengan jejak jalur.
Ø Tcp Dump, menganalisis lalu lintas TCP.
Developing RMA Requirement
Ø Indikator dalam Reliability yaitu MTBCF (Mean Time Beetwen Mission Critical Failure) dan MTBF (Mean time Between failure)
Ø Indikator dalam Maintainability yaitu MTTR (Mean Time To Repair)
Ø Indikator dalam Availibility yaitu ketersediaan operasional dalam suatu jaringan.
Uptime & Downtime
Ø Uptime, ketika system tersedia pada user
Ø Downtime, Ketika system tidak terhubung dengan jaringan
Development Delay Requirment
Ø Interaction Delay (INTD) atau waktu user menunggu respon dari sistem
Ø Human Response Time (HRT) yaitu waktu respon terhadap keterlambatan sistem.
Komentar
Posting Komentar